Choco World

#college #binusian #task #jakarta

UML #2 (cont.)

February9

UML 2 DIAGRAM

Dian Andriani

1601278293

 

Construction the Analysis  Use-Case Model

  1. A.      Sistem analisis use case

use case yang mendokumentasikan interaksi antara pengguna sistem dan sistem. Hal ini sangat rinci dalam menggambarkan apa yang dibutuhkan tetapi bebas dari sebagian besar rincian pelaksanaan dan kendala .

®     Mengidentifikasi , menentukan , dan mendokumentasikan aktor baru .

®     Mengidentifikasi , menentukan , dan mendokumentasikan kasus penggunaan baru .

®     Identifikasi kemungkinan reuse .

®     Memperbaiki penggunaan – kasus model diagram ( jika perlu ) .

®     Narasi analisis sistem dokumen use case .

Modeling Use-Case Activities

  1. A.      Activity diagram – diagram yang dapat digunakan untuk grafis menggambarkan aliran proses bisnis , langkah-langkah dari use case , atau logika perilaku obyek (metode ) .
  2. B.      Activity Diagram Notations

a)      Initial Node

lingkaran padat mewakili awal dari proses

b)      Actions

bulat persegi panjang yang mewakili langkah-langkah individu, Urutan tindakan , Membentuk aktivitas total.  Ditunjukkan oleh diagram .

c)       Flow 

panah pada diagram menunjukkan perkembangan melalui tindakan , Sebagian besar arus tidak perlu kata-kata untuk mengidentifikasi mereka kecuali keluar dari keputusan .

d)      Decision

bentuk berlian dengan satu aliran masuk dan dua atau lebih mengalir keluar . Arus keluar ditandai untuk menunjukkan kondisi .

e)      Merge

bentuk berlian dengan beberapa arus masuk dan satu aliran keluar . Ini menggabungkan aliran sebelumnya dipisahkan oleh keputusan . Pengolahan berlanjut dengan salah satu aliran yang masuk ke penggabungan .

f)       Fork

Bar hitam dengan satu aliran masuk dan dua atau lebih arus keluar. Tindakan on  Arus paralel  bawah dapat terjadi dalam urutan apapun  Atau  bersamaan .

g)      Join

bar hitam dengan dua atau lebih arus masuk dan satu aliran keluar , mencatat akhir pemrosesan konkuren . Semua tindakan yang masuk ke join harus diselesaikan sebelum proses berlanjut .

h)      Activity final

lingkaran padat di dalam lingkaran berongga mewakili akhir proses .

i)        Subactivity indicator

simbol menyapu dalam aksi menunjukkan bahwa tindakan ini pecah di diagram aktivitas lain yang terpisah . Ini akan membantu Anda menjaga diagram aktivitas dari menjadi terlalu rumit .

j)        Connector 

Sebuah surat dalam lingkaran memberi Anda alat lain untuk mengelola kompleksitas . Aliran masuk ke konektor melompat ke aliran keluar dari konektor dengan huruf yang cocok .

  1. C.      Guidelines for Constructing  Activity Diagrams
  • Mulailah dengan satu node awal sebagai titik awal .
  • Tambahkan partisi jika relevan dengan analisis Anda .
  • Tambahkan aksi untuk setiap langkah utama dari use case ( atau setiap langkah besar seorang aktor memulai .
  • Tambahkan arus dari setiap tindakan untuk tindakan lain , titik keputusan , atau titik akhir . Untuk presisi maksimum makna , setiap tindakan harus memiliki hanya satu aliran masuk dan satu aliran keluar dengan semua garpu, bergabung , keputusan , dan gabungan ditunjukkan secara eksplisit .
  • Tambahkan keputusan di mana arus menyimpang dengan rute bergantian . Pastikan untuk membawa mereka kembali bersama-sama dengan gabungan .
  • Tambahkan garpu dan bergabung di mana kegiatan yang dilakukan secara paralel .
  • Diakhiri dengan notasi tunggal untuk akhir kegiatan .

Sequence Diagrams

  1. A.      Sequence Diagrams

Diagram urutan System – suatu diagram yang menggambarkan interaksi antara aktor dan sistem untuk skenario use case , membantu mengidentifikasi pesan tingkat tinggi yang masuk dan keluar sistem

  1. B.      Notasi

a)      Aktor

aktor memulai dari kasus digunakan akan ditampilkan dengan simbol aktor use case .

b)      System

box menunjukkan sistem sebagai ” kotak hitam” atau secara keseluruhan . The titik dua (:) adalah notasi diagram urutan standar untuk menunjukkan berjalan ” contoh ” dari sistem.

c)       Lifelines

garis vertikal putus-putus memanjang ke bawah dari aktor dan sistem simbol , yang menunjukkan kehidupan urutan .

d)      Aktivasi bar

bar terbenam di atas jalur hidup menunjukkan periode waktu ketika peserta aktif dalam interaksi .

e)      Input messages

panah horisontal dari aktor untuk sistem menunjukkan input pesan . UML konvensi untuk pesan adalah untuk memulai kata pertama dengan huruf kecil dan menambahkan kata-kata tambahan huruf besar awal dan tidak ada ruang . Dalam kurung meliputi parameter , berikut sama konvensi penamaan dan dipisahkan dengan koma .

f)       Output messages

panah horisontal dari sistem ke aktor ditampilkan sebagai garis putus-putus . Karena mereka adalah bentuk web , laporan , e – mail , dll pesan-pesan ini tidak perlu menggunakan notasi standar.

g)      Receiver Aktor

Aktor-aktor lain atau sistem eksternal yang menerima pesan dari sistem dapat dimasukkan.

h)      Frame

Kotak dapat melampirkan satu atau lebih pesan untuk membagi off fragmen dari urutan. Ini dapat menunjukkan loop , fragmen alternatif , atau opsional ( opt ) langkah . Untuk fragmen opsional kondisi ditunjukkan dalam tanda kurung siku menunjukkan kondisi di mana langkah-langkah yang akan dilakukan .

Communication  Diagrams

  1. A.      Communication  Diagrams

Diagram komunikasi memiliki banyak kesamaan dengan diagram urutan . Perbedaan yang paling signifikan antara dua jenis diagram interaksi adalah diagram komunikasi secara eksplisit menunjukkan hubungan antara jalur hidup yang berpartisipasi dalam sebuah kolaborasi . Tidak seperti diagram urutan tidak ada dimensi waktu yang jelas dan jalur hidup yang hanya diwakili oleh empat persegi panjang.

  1. B.      Cara Membuat Communication Diagram
  • Ambil dari Sequence diagram
  • Kemudian urutkan setiap event dengan diberi no
  • Kemudian hubungkan antar class dan tuliskan setiap hubungan yang sudah diberikan nomor

 

posted under PSI

Email will not be published

Website example

Your Comment: